Daftar Produk yang Diprediksi Laris Saat Ramadhan


Parsel merupakan salah satu item yang terkait erat dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri. Item yang satu ini bisa dijadikan pemberian spesial kepada keluarga maupun kerabat.

Permintaan parsel selalu meningkat di bulan Ramadhan sampai Idul Fitri. Hal ini membuka peluang bisnis menjanjikan buat penjual, termasuk UMKM.

Berdasarkan data Tokopedia, penjualan parsel di tahun 2020 terpantau meningkat hingga empat kali lipat. Kondisi tersebut membuat para penjualan parsel kebanjiran order hingga pendapatan melonjak.

Data tersebut juga menjabarkan produk-produk parsel yang paling diminati pembeli tahun lalu antara lain kue kering, cookies, snack, kue, minuman, kopi, hijab dan pasmina, alat ibadah, lilin, hingga reed difusser.

Melihat tingginya pembelian parsel pada Ramadhan tahun lalu, tahun ini Tokopedia juga menyebut akan mengadakan Kampanye Parsel Ramadan yang dapat diikuti semua penjual. Tokopedia memfasilitasi etalase khusus di aplikasi yang menampilkan produk-produk parsel. Dengan begitu, pembeli akan lebih mudah menemukan parsel yang diinginkan.

Mengutip penjelasan resmi Tokopedia, Kampanye Parsel Ramadhan akan ditampilkan pada lima halaman strategis di aplikasi Tokopedia. Kampanye tersebut tentu saja muncul di homepage, halaman WIB Spesial Ramadan, halaman Parsel Ramadan, halaman pencarian, dan halaman hasil pencarian.

Marketplace yang identik dengan warna hijau ini juga memberikan panduan terkait jenis produk yang diprediksi bakal diminati oleh pembeli selama Ramadhan dan Idul Fitri serta bisa jadi inspirasi untuk UMKM.

Pertama, kategori makanan dengan produk-produk seperti buah-buahan, daging sapi, keripik, lauk pauk, bakso serta daging olahan lain. Kedua, kategori kesehatan dengan produknya seperti obat herbal, masker kesehatan, pelindung wajah, disposable consumable, serta vitamin dan nutrisi.

Ketiga, produk fashion pria seperti kaos, kemeja, jam tangan analog, jaket, dan sneaker. Lalu keempat, produk fashion wanita meliputi masker kain, wedges, daster, sepatu heels, dan hand bag. Terakhir kategori rumah tangga, seperti bibit tanaman, botol minum, gorden, dan sebagainya.

Agar produk parsel yang dijual menarik minat pengunjung, Tokopedia menyarankan beberapa hal kepada mitra penjual. Pertama, pilih produk-produk terlaris di toko untuk dijadikan item parsel.

Kedua, buat beberapa variasi parsel dengan tingkatan harga berbeda agar pangsa pasar yang diperoleh lebih luas. Ketiga, buat kemasan bernuansa Ramadhan seperti melengkapi parsel dengan kartu ucapan.

Bagi penjual yang ingin bergabung dalam Kampanye Parsel Ramadan, marketplace bergelar Unicorn ini menyampaikan rumus penamaan yang efektif. Penjual dapat menamakan produknya dengan format 'Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan'. Contohnya, Parsel Ramadan Kue Kering Bake House Murah. Setelah membuat penamaan yang menarik, penjual dapat menempatkan produk parselnya di etalase khusus Ramadhan.

Dengan mengikuti Kampanye Parsel Ramadan, para penjual di Tokopedia bisa meraup cuan dari kreasi parsel. Tidak menutup kemungkinan pengunjung toko akan membeli produk lain yang dijual di halaman toko penjual parsel.

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance

Beri Komentar
captcha