5 Langkah Mudah Memulai Bisnis dari Rumah


Banyak orang yang mengumbar keinginannya untuk berbisnis ke sana-sini, tapi hanya selalu berakhir dengan angan-angan saja dan nol tindakan. Jangan terlalu banyak ide tapi nol realisasi, segera lakukan langkah pertama untuk mewujudkan usaha yang kamu idam-idamkan.

Sebelum menjalankan usaha bisnis, banyak orang berpikir kesulitan dibandingkan kemudahannya. Mulai dari minimnya modal usaha, bingung produknya apa, bingung cara pemasaran, dan lainnya. Oleh sebab itu, berikut merangkum 5 langkah simpel dan mudah untuk mulai bisnis di rumah.

Pilih Bisnis yang Sesuai Minat dan Kemampuan

Tidak perlu sulit-sulit berpikir dan meriset banyak hal, mulai dari mengenali diri sendiri. Apa sih kegiatan yang paling kamu sukai? Lalu apa sih kemampuan terbaikmu? Kemudian ramu kedua jawaban tersebut untuk jadi ide bisnis yang menarik dan juga realistis untuk kamu lakukan.

Apabila kamu hendak berbisnis dengan teman, keluarga dan lainnya, kamu juga bisa menanyakan mereka kedua pertanyaan tersebut. Hasilnya akan beragam, tapi kamu bisa diskusikan dengan partner bisnismu untuk memilih jenis usaha yang paling bagus dan prospek.

Bidik Target Pasar dan Buat Cara Pemasaran

Setelah produk dan jenis usaha sudah di tangan, selanjutnya cara yang perlu kamu pikirkan adalah membidik target pasar. Siapa orang yang akan membeli produkmu? Apakah anak-anak, remaja, ibu-ibu, dewasa atau yang lainnya.

Selanjutnya kamu bisa mulai menentukan cara memasarkan produk tersebut. Ingat, jangan asal tiru cara pemasaran bisnis lain. Sebab setiap bisnis memiliki pasar dan kondisi masing-masing. Tidak semua cara pemasaran bisa cocok menjadi media yang efektif.

Gunakan Modal Awal Sendiri

Sebaiknya gunakan modal awal sendiri, tapi jangan korbankan uang dana darurat. Sebab kita tidak tahu apakah bisnis ini akan gagal atau berjalan lancar. Kamu bisa menggunakan tabungan untuk refreshing atau dana tambahan lainnya.

Sehingga seandainya tidak berhasil mendapatkan keuntungan, kamu tidak akan kebingungan mengganti uang yang keluar tersebut. Hindari juga untuk berhutang di pinjaman online karena bunga dan biaya administrasi yang tinggi.

Buat Pembukuan

Pembukuan adalah salah satu faktor penting kelangsungan usaha. Sebab dengan pembukuan, kamu bisa mengontrol pemasukan dan juga pengeluaran bisnis dengan baik. Kamu mengetahui keuntungan atau kerugian yang dialami sehingga bisa membuat keputusan strategis di masa mendatang.

Misalnya jika rugi, apa yang bisa dilakukan, seperti halnya menaikkan harga, memotong biaya yang tidak perlu, mengganti pasar, dan lainnya. Sementara itu jika untung, kamu bisa memperkirakan kapan membuat produk baru, meningkatkan cara pemasaran untuk meraih keuntungan lebih banyak.

Jangan Campur Keuangan Rumah dengan Bisnis

Jangan sekali-kali mencampur keuangan rumah tangga dengan bisnis. Buat rekening yang berbeda, uang cash simpan di dompet atau tempat yang berbeda. Apabila terpaksa menggunakan uang rumah atau uang bisnis, kamu harus mencatatnya agar bisa dikembalikan di kemudian hari.

Itulah 5 langkah mudah memulai bisnis dari rumah. Mulai langkah awal, kurangi merasa khawatir, percaya bahwa kesalahan atau kegagalan yang mungkin dihadapi bisa jadi pembelajaran penting untuk sukses dalam berbisnis.

 

disarikan dari :

beautynesia.id

Beri Komentar
captcha