Short Course Pembuatan Motif Seni Lukis Kain


   Pelatihan short course Pembuatan Motif Seni  Lukis Kain merupakan kegiatan Klik Us! Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sragen yang terakhir di tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan karena adanya permintaan dan kebutuhan pasar yang kian meningkat akan produk fashion yang memiliki seni tinggi.  Program ini dilaksanakan pada hari Selasa, 24 September di Aula Kantor Kelurahan Plumbungan Sragen yang diikuti oleh 30 peserta dari pelaku industri daerah dan masyarakat Sragen.

    Selama pelatihan berlangsung, para peserta pelatihan dibimbing langsung oleh Instruktur Bp. Djayendra D selaku Owner Amalia ‘ELC Group’ yang berdiri sejak tahun 2010 beralamat di Serongan RT 1 RW 2 Mayang Gatak Sukoharjo Jawa Tengah yang memiliki berbagai jenis usaha, konveksi, pelatihan dan pendidikan. Di sisi lain, Owner Amalia ‘ELC Group’ sebagai sarana pemasaran atas produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha daerah Sragen dengan tujuan untuk melebarkan jaringan bisnis ke pasar luar daerah. Selain itu, kegiatan pelatihan short course juga bekerjasama dengan UP2K Kelurahan Plumbungan dengan harapan dapat meningkatkan ketrampilan para anggota UP2K dalam bidang softskill dan hardskill.

    Pelatihan short course ini tidak hanya memfokuskan kepada pembuatan seni dengan motif yang uniq dan menarik, tetapi juga mempelajari mengenai aturan penggunan bahan dan step by step proses yang harus dilalui. Hal ini dikarenakan banyaknya bahan yang digunakan seperti ; pigment warna, lem textile dan warna pelengkap.  Adapun proses pembuatan motif dengan teknik lukis kuas dilakukan secara bertahap, dari pembuatan warna dasar, warna pendamping sesuai kebutuhan dan proses pengeringan di bawah sinar matahari selama kurang lebih 8 s.d 10 jam.

     Untuk ketahanan atau kelunturan warna yang dibuat dengan menggunakan teknik lukis kuas dapat bertahan selama 3 (tiga) tahun sehingga ini menjadi salah satu daya tarik dan keunggulan dari penggunaan teknik lukis kuas yang harus dikembangkan oleh pelaku usaha daerah di Sragen.  Harapan bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan short course dapat menjadi kreatif dan mampu bersanding dengan pelaku usaha daerah di luar dengan produk yang bervariatif dan menarik konsumen

Beri Komentar
captcha